Minggu, 19 Mei 2024

11 Siswi MAN 2 Kulon Progo Tampilkan Tarian Ratoeh Jaroe di Syawalan Akbar Pelajar Kulon Progo

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo) – Sebelas pelajar MAN 2 Kulon Progo menyita perhatian guru dan pelajar yang hadir saat mereka menampilkan tarian Ratoeh Jaroe dalam acara Syawalan Akbar Pelajar Kulon Progo di Exhibition Hall Taman Budaya Kulon Progo (TBK) pada Senin, 29 April 2024.

Acara yang bertema “Pelajar Kulon Progo yang Rukun, Toleran, dan Cinta Damai” tersebut selain diikuti oleh perwakilan pelajar sekabupaten Kulon Progo, juga dihadiri oleh Pejabat Bupati Kulon Progo, Kepala Kantor Kemenag Kulon Progo, dan Kapolres Kulon Progo.

Tari Ratoeh Jaroe, sebuah tarian tradisional yang berasal dari Aceh, menjadi sorotan utama dalam acara tersebut. Tarian ini memperlihatkan ciri khas kekompakan dan semangat pemberani dari para perempuan Aceh. Dengan gerakan yang dinamis dan diiringi oleh irama musik yang khas, para penari berhasil menyampaikan makna tarian ini dengan indah.

Menurut Nadia, salah satu pelajar yang hadir menyatakan, “Para penari berhasil membawakan tarian dengan sangat sempurna. Mereka mampu menggambarkan kekuatan, kekompakan, dan rasa syukur melalui setiap gerakan yang mereka lakukan.”

Ketika melepas keberangkatan para penari, Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd, menyampaikan harapannya untuk menunjukkan kemampuannya dengan sebaik-baiknya. “Saya berharap anak-anak menggunakan kesempatan ini untuk menunjukkan kemampuan dengan sebaik-baiknya di hadapan teman-teman dari sekolah atau madrasah lain. Nikmati kesempatan yang ada dan buang jauh-jauh rasa minder,” ujarnya.

Tarian Ratoeh Jaroe adalah tarian yang berasal dari propinsi Aceh yang tidak hanya sekadar pertunjukan seni, tetapi juga mengandung makna yang dalam. Selain mengekspresikan kekompakan dan semangat pantang menyerah, tarian ini juga menjadi wujud syukur dan penghormatan kepada Tuhan melalui puji-pujian dan dzikir yang dilantunkan selama pertunjukan.

Berikut adalah nama-nama penari Ratoeh Jaroe tersebut.

  1. Talitha Ramadhani Ma’ruf (XA)
  2. Zahwa Nayla Firda Kamela (XG)
  3. Lubna Nuha Inaya (XB)
  4. Amanda Aurora Disty Alifia (XB)
  5. Zahratul Chayati (XA)
  6. Syifaa Dwi Angraini (XA)
  7. Khenya Aghisna Sulihanyalevi (XIIB)
  8. Kireina Luthfi Nur Azizah (XIA)
  9. Bening Citra Karisma Buana (XIH)
  10. Nur Ilma Izzati (XIC)
  11. Mariza Nur Anisah (XIA)

Acara Syawalan Akbar Pelajar Kulon Progo ini berhasil menciptakan suasana kebersamaan dan kegembiraan di antara para pelajar dari berbagai sekolah di Kulon Progo. Dengan tema yang mengusung pesan perdamaian dan toleransi, acara ini diharapkan dapat menjadi wahana untuk mempererat tali persaudaraan di antara generasi muda Kabupaten Kulon Progo.

Bagikan pada...
4 1 vote
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

3 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
19 hari yang lalu

Alhamdulillah sinergi yang luar biasa…πŸ‘πŸ‘πŸ‘

Yoga Aditya Sumantri
Yoga Aditya Sumantri
19 hari yang lalu

Saya mewakili panitia berterima kasih untuk MAN 2 KP. Sudah memeriahkan acara Syawalan Akbar Pelajar KP. Semoga tahun depan bisa bersama-sama lagi ..

Siti+Muslimah
Siti+Muslimah
19 hari yang lalu

Terima kasih ananda sholihah telah menjalankan tugas dengan baik πŸ‘πŸ‘

3
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x