Jumat, 17 Mei 2024

MAN 2 Kulon Progo Gelar Mini Workshop Digital Marketing: Optimalkan Potensi Smartphone untuk Berwirausaha

Kulon Progo, (Humas MAN 2 Kulon Progo) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kulon Progo menggelar Mini Workshop Digital Marketing yang bertujuan untuk mengedukasi siswa tentang potensi penggunaan smartphone dalam berwirausaha. Workshop ini diselenggarakan di Aula Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo yang terletak di Jalan Pahlawan Panjatan pada Selasa, 5 Februari 2024.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Unit Produksi Program Keterampilan. Imam Muttaqien, S.TP, Kepala Program Keterampilan TAV, Parnadi S.Pd, Kepala Program Keterampilan DKV, Suprono, S.Pd, dan Kepala Program Keterampilan Tata Busana, RR. Dwi Kurniati, S.Pd. Seluruh siswa kelas XI MAN 2 Kulon Progo, yang terdiri dari 8 rombongan belajar, ikut serta dalam workshop ini.

Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd, dalam sambutannya saat membuka acara, menyampaikan bahwa Mini workshop Digital Marketing tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan pemahaman para siswa tentang konsep pemasaran digital dalam era teknologi saat ini.

“Workshop ini memberikan pemahaman kepada kita semua tentang potensi dan manfaat penggunaan smartphone dalam mengembangkan usaha, serta memberikan wawasan tentang strategi pemasaran digital yang efektif,” terang Hartiningsih.

Melalui workshop ini, siswa dapat mengembangkan keterampilan baru, seperti penulisan konten, optimasi mesin pencari, dan manajemen media sosial, yang membantu mereka menjadi lebih adaptif terhadap perubahan teknologi dan tren pasar. Selain itu, workshop ini diharapkan mendorong siswa untuk mengembangkan potensi kewirausahaan mereka dengan memanfaatkan teknologi digital, seperti smartphone, untuk mempromosikan dan mengelola usaha mereka sendiri di masa depan.

Narasumber dalam workshop ini adalah Endar Kusmarwanto, ST, MBA, Fouder of Sinergia Yogyakarta. Dalam materi workshop yang berjudul “Eksis di Google Modal Smartphone: Studi Kasus Carousell dan Tribun Jual Beli”, Endar Kusmarwanto membahas tentang kemudahan dan fasilitas yang ditawarkan oleh smartphone dalam berbagai aktivitas, termasuk dalam berwirausaha atau entrepreneurship.

Saat menyampaikan materi, Endar Kusmarwanto memaparkan beberapa pintu masuk ke halaman pertama Google, seperti Iklan Google, Google Business Profile, Website, Marketplace, Media Sosial, Video, Gambar, dan lain-lain. Para peserta diajari menyiapkan dan membuat berbagai macam konten iklan, serta kaidah penulisan artikel yang efektif, antara lain.

Dalam penulisan iklan melalui smartphone, kaidah-kaidah yang perlu diperhatikan antara lain judul yang menarik perhatian, pesan yang jelas dan singkat, serta pemilihan gambar atau video yang relevan. Panggilan aksi yang mengundang pembaca untuk melakukan tindakan tertentu juga penting disertakan, selain teks yang ringkas dan optimalisasi untuk perangkat mobile. Penting juga untuk menggunakan kata kunci yang relevan untuk meningkatkan visibilitas iklan dalam pencarian online, serta melakukan pengujian dan optimalisasi berkelanjutan untuk mencapai efektivitas maksimal.

Penggunaan emoji atau simbol juga dapat menambah daya tarik iklan, namun harus sesuai dengan konteks dan audiens target. Disarankan juga untuk menyertakan tautan langsung ke halaman produk atau layanan yang ditawarkan, jika memungkinkan, guna memudahkan pembaca dalam mengambil tindakan. Dengan memperhatikan kaidah-kaidah tersebut, iklan melalui smartphone dapat menjadi lebih efektif dalam menjangkau dan mempengaruhi target pasar.

Workshop ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan baru kepada siswa MAN 2 Kulon Progo dalam mengoptimalkan potensi smartphone mereka untuk meraih kesuksesan dalam dunia wirausaha di era digital saat ini. (Giant)

 

Bagikan pada...
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

2 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
2 bulan yang lalu

Alhamdulillah, bertambah peluang menjadi entrepreneur yang handal lewat penguasaan marketing via digital..👍👍👍

Giek ini
Giek ini
2 bulan yang lalu

Bravo

2
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x