Kamis, 2 Mei 2024
Berita Terbaru

Buka Pintu Sukses; MAN 2 Kulon Progo Gelar Asesmen Bakat Minat bagi Siswa Kelas XII

Kulon Progo, (Humas MAN 2 Kulon Progo) – MAN 2 Kulon Progo membuka pintu sukses bagi siswa kelas XII. Salah satunya dengan penyelenggaraan Asesmen Bakat dan Minat (ABM) yang dilaksanakan di tiga ruang Laboratorium Komputer Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo, Selasa (7/11/2023). Acara ini diikuti oleh 241 siswa kelas XII, termasuk kelas XII B, yang mengikuti Program SKS 2 tahun. Pelaksanaan ABM dibagi menjadi tiga sesi, setiap sesi diikuti oleh 27 hingga 28 siswa dalam satu ruang laboratorium.

Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd., memberikan sambutan yang menyoroti pentingnya ABM dalam pemilihan program studi di perguruan tinggi serta keberlanjutan studi para siswa. “Asesmen Bakat Minat akan membantu siswa memberikan gambaran tentang bakat dan minat masing-masing siswa, baik untuk melanjutkan di jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau pun untuk memasuki dunia kerja. Hasil Asesmen Bakat Minat akan valid dan bermanfaat apabila setiap peserta melaksanakannya dengan penuh kejujuran dan bersungguh-sungguh, karena yang akan dihasilkan adalah gambaran diri masing-masing peserta,โ€ ungkapnya.

Kurnia Panca Dewi, S.Pd., M.Si., Wakil Kepala bidang Kurikulum, menambahkan bahwa hasil ABM diharapkan dapat memberikan gambaran kepada peserta didik mengenai bidang keahlian yang tepat, sehingga dapat menimbulkan motivasi dan kenyamanan dalam proses pembelajaran. Aspek yang diukur dalam Tes Bakat terdiri atas kemampuan verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, klerikal, dan penggunaan bahasa serta dilengkapi dengan Tes Minat.

โ€œPelayanan ABM di satuan pendidikan bertujuan untuk memberikan informasi ke satuan pendidikan mengenai potensi peserta didik pada bidang-bidang khusus berdasarkan aspek yang diukur dan kesesuaian dengan minatnya. ABM juga bermanfaat untuk memprediksi kemampuan peserta didik jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi. Asesmen Bakat dan Minat ini diharapkan akan memberikan arah dan pemahaman yang lebih baik kepada para siswa dalam memilih jalur studi yang sesuai dengan potensi dan minat mereka. MAN 2 Kulon Progo berkomitmen untuk terus mendukung perkembangan akademik dan karir para siswanya,” jelas Panca (sebutan akrab Kurnia Panca Dewi).

Pelayanan ABM di satuan pendidikan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada satuan pendidikan mengenai potensi peserta didik pada bidang-bidang khusus berdasarkan aspek yang diukur dan kesesuaian dengan minatnya. Selain itu, ABM juga bermanfaat untuk memprediksi kemampuan peserta didik jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi. ABM dilaksanakan secara daring melalui tes berbasis komputer (Computerized Based Test โ€“ CBT). (giant/ast)

Bagikan pada...
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

1 Comment
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
5 bulan yang lalu

Alhamdulillah, ABM lancar siswapun sukses..๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

1
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x