Jumat, 3 Mei 2024
Berita Terbaru

Tim BK MAN 2 Kulon Progo Hadir Berikan Pencerahan dalam Matsama 2023

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo) . Kegiatan Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama) bagi siswa baru untuk mengenal lebih dekat dengan MAN 2 Kulon Progo, telah terprogram dengan sangat lengkap. Salah satunya adalah dengan mengenalkan peran penting Bimbingan Konseling (BK) dalam membantu siswa belajar dan menentukan arah masa depan. Adapun Tim BK yang ada di MAN 2 Kulon Progo antara lain Umijatun, S.Pd., Indaryati Rahayu, S.Pd., dan Wadianto, S. Pd.. Sesi ini diikuti oleh seluruh peserta Matsama dan bertempat di Aula Gedung Pembelajaran Terpadu Unit Pusat, Kamis, (13/7/2023).

Dalam presentasinya, Tim BK menyampaikan berbagai program yang telah dirancang untuk memberikan bimbingan dan konseling kepada siswa serta tata tertib yang berlaku di MAN 2 Kulon Progo.. Program-program tersebut mencakup bimbingan pribadi, bimbingan sosial, bimbingan karir dan bimbingan belajar.

“Silakan bisa ke ruang BK jika anak-anak membutuhkan bantuan. Tentu kami akan membuka pintu selebar-lebarnya untuk semua siswa. Silakan kalian bisa memilih, guru mana yang lebih nyaman untuk berkonsultasi,” kata Umijatun.

Peserta Matsama antusias mendengarkan pemaparan dari Tim BK. Mereka menyadari pentingnya peran BK dalam membantu siswa mengembangkan potensi diri, mengatasi masalah, dan menjaga kesejahteraan psikologis. Masuk ruang BK bukan berarti siswa yang bermasalah, namun banyak hal yang bisa dilakukan disana. Bisa konsultasi cara belajar, cara untuk bisa berprestasi, menentukan kelanjutan studi, menentukan bidang pekerjaan yang sesuai, dan masih banyak hal lagi.

Tim BK berharap dengan program-program dan tata tertib yang telah dipaparkan dapat membantu siswa dalam meraih kesuksesan akademik dan non-akademik. “Insya Allah semua kelas X semuanya tertib, berprestasi sampai kelas XII, dan diterima di perguruan tinggi yang dicita-citakan” harap Indaryati, melengkapi materi yang telah disampaikan sebelumnya.

Dengan kehadiran Tim BK dalam Matsama MAN 2 Kulon Progo, diharapkan siswa-siswa baru dapat memahami peran penting BK dalam pembinaan dan pengembangan pribadi. Hal ini akan membantu mereka dalam mengatasi kesulitan, meningkatkan keterampilan sosial, dan meraih prestasi yang optimal dalam perjalanan belajar mereka di madrasah. (rid/ast)

Bagikan pada...
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

1 Comment
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
9 bulan yang lalu

Luar biasa..👍👍

1
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x