Sabtu, 20 April 2024

MAN 2 Kulon Progo Hujan Prestasi di Apel Bendera Akhir Semester Genap

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo). Apel bendera di akhir Semester Genap ย MAN 2 Kulon Progo, diwarnai hujan prestasi, Senin (29/5/2023). Apel dilaksanakan di Halaman Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Kampus 2 MAN 2 Kulon Progo dan diikuti oleh semua preserta didik kelas X dan XI, para pegawai dan guru. Bertindak sebagai Pembina Upacara Drs. Amir Maโ€™ruf, M.A., Wakil Kepala bidang Pembangunan Zona Integritas (ZI) dan Adiwiyata, dan para petugas dari peserta Ekstrakurikuler Pleton Inti (Tonti).

Belasan tropi kejuaraan baik provinsi maupun nasional raihan guru dan siswa dari berbagai perlombaan di serahkan madrasah usai apel bendera dengan disaksikan seluruh peserta apel. Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd., didampingi Wakil Kepala bidang Kesiswaan, Farida Rahmawati, M.Pd., selanjutnya memberikan penghargaan kepada guru dan peserta didik yang meraih prestasi.

Adapun raihan prestasi itu antara lain diperoleh dalam kompetisi nasional di Expo Madrasah plus Keterampilan ke-6 Palembang. Juara I Lomba Expo Karya Siswa Madrasah Aliyah plus Keterampilan kategori Peyanan/Service. ย Juara 1 Lomba Video Profil Madrasah Aliyah Keterampilan kategori Sinematografi atas nama Parnadi, S.Pd. dan Najib El-Mubarok. Juara 2 Coding Mission Robotik antar Siswa kategori Best Stability atas nama Arsa Wafi Mahardika.Juara 3 Lomba Tata Busana Guru Kategori Desain Busana Pesta atas nama guru pengampu mata pelajaran Keterampilan Tata Busana RR Dwi Kurinati, S.Pd dan Juara 3 Lomba Desain Grafis Siswa Kategori Pembuatan Poster Expo Madrasah yang diraih oleh Firman Najib El-Mubarok.

Pada bidang penelitian, para peserta juga lolos proposal penelitian pada event Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia Tahun 2023. Pada Bidang Matematika, Sains dan Teknologi MAN 2 Kulon Progo meloloskan empat judul proposal yaitu Pengembangan Produk Coffea dan Biji Salacca Zalacca atas nama Devika Rahmasiwi dan Elisya Arnastha, Pemanfatan Limbah Kulit Durian Menjadi Makaroni sebagai Upaya Mengurangi Sampah di Lingkungan atas nama Hamida Nisa Nurhidayah dan Devani Astuti, Pembuatan Nugget Tempe Biji Durian sebagai Salah Satu Pengganti Bahan Pangan atas nama Alia Ambarwati, dan Andini Eka Putra, dan Pemanfaatn Biji Kurma (Phoenix Dactylifera) Menjadi Masker Wajah atas nama Aifa Tsani Nabila Zahra. Sedang bidang Ilmu Sosial dan Humaniora lolos satu judul proposal yaitu Analisis Proses Pembelajaran Kurikulum Merdeka Upaya Pembentukan Karakter Kepemimpinan Siswa atas nama Fathia Mutiara.

Prestasi juga ditunjukkan pada event Perkemahan Siswa Madrasah III Tahun 2023 Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. MAN 2 Kulon secara umum menjadi juara II karena meraih 4 piala Juara 1, 4 piala Juara II, dan 2 piala juara III. Juara 1 diraih dalam Lomba Poster Putra, Lomba Poster Putri, Lomba Masak Rimba Putra, dan Lomba Masak Rimba Putri. Juara 2 diraih dalam Lomba Reels Video Putra, 2 Lomba Mendirikan Bivak Putri, Lomba Pentas Seni, dan Lomba Pioneering Putri Juara 3 diraih dalam Lomba Pioneering Putra dan Lomba Pertolongan Pertama.

Pada bidang Olimpiade Sains Nasional Kabupaten Kulon Progo, enam peserta didik MAN 2 Kulon Progo juga lolos untuk maju ke Olimpaide Sains Nasional Provinsi. Mereka adalah Muhammad Rafi Adtya Saputra bidang Astronomi, Salsabila Prima Anindya bidang Biologi, Rina Badar Rosyida bidang Informatika, Hamida Nisa Nurhidayah bidang Kimia, Muhammad Rabbani Al Anshori informatika, dan Abdullah Syarif Azmiy Astronomi.

Amir Maโ€™ruf menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua warga madrasah yang telah mengharumkan nama MAN 2 Kulon Progo melalui prestasi yang diperoleh dari berbagai event, baik tingkat nasional, provinsi, maupun kabupaten. Amir Maโ€™ruf juga mengingatkan bahwa mulai Selasa, (30/5/2023), Penilaian Akhir Tahun Ajaran (PAT) akan dilaksanakan secara online atau daring dengan menggunakan aplikasi Jogja Madrasah Digital (JMD). Para peserta dimohon untuk menyiapkan piranti-piranti yang harus digunakan seperti smartphone dan mengikuti PAT dengan sebaik-baiknya. โ€œSiapkan smartphone, dan ikuti PAT dengan sebaik-baiknya, jangan terlambat dan kerjakan dengan kejujuran,โ€ pintanya. (sug/ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x