Minggu, 24 September 2023

Dua Peserta Didik MAN 2 Kulon Progo Wakili Kulon Progo dalam Rainas 2023

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo). Dua peserta didik MAN 2 Kulon Progo, Wildanu Hussein dan Hamida Nisa Nurhidayah akan menjadi bagian Peserta Raimuna Nasional (Rainas) XII Tahun 2023, Kontingen Cabang Kulon Progo yang akan diselenggarakan pada 14-21 Agustus 2023 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur Jakarta Timur. Utusan dari MAN 2 Kulon Progo ini merupakan satu-satunya peserta dari madrasah se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini berdasarkan surat Permohonan Peserta Raimuna Nasional XII dari Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kulon Progo, yang diterima MAN 2 Kulon Progo, Jumat (26/5/2023).

Rainas adalah ajang pertemuan Pramuka Pandega usia 16-15 tahun.  Sebanyak 25.000 orang peserta akan mengikuti acara ini, yang terdiri dari Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dari Kwartir Cabang Gerakana Pramuka se-Indonesia, dan anggota kepanduan Kawasan Asia Pasifik. Kegiatan Rainas XII bertujuan untuk menjaga persatuan dan kesatuan, merawat kelestarian budaya, meningkatkan kesadaran teknologi, pengembangan kualitas sumber daya manusia, serta memaksimalkan, kebermanfaatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam lingkup pengabdian masyarakat.

Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd. mengucapkan selamat kepada Wildanu Hussein dan Hamida Nisa Nurhidayah atas keikutsertaan dalam acara kepramukaan tingkat nasional Rainas XII 2023 di Cibubur. Ia meminta keduanya untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, dan mengikuti pembekalan yang disampaikan oleh Kwarcab Kulon Progo dan lainnya. “Selamat kepada  Wildanu dan Hamida, ikuti semua tahapan sebelum keberangkatan dengan sebaik-baiknya, demikian juga pembekalan yang disampaikan oleh Kwarcab Kulon Progo,” pintanya.

Menurut Hartiningsih, Rainas adalah event pramuka paling akbar bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dari seluruh wilayah di Indonesia, sehingga tidak mengherankan jika setiap Pramuka ingin mengikuti event ini. Akan tetapi, hanya anggota Pramuka terpilih saja yang dapat mengikutinya. Ia meminta mereka untuk menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dengan menunjukkan kebolehan, kemampuan, prestasi, dan budi pekerti yang baik sehingga tidak mengecewakan madrasah dan daerah asalnya, Kulon Progo. “Kalian mengemban misi yang tidak ringan, saya minta kalian bisa menampilkan kemampuan, prestasi, dan budi pekerti luhur kepada peserta yang lain,” sambungnya.

Ketika diwawancarai, Wildanu Hussein, mengungkapkan rasa syukurnya dengan mengucapkan, “Masya Allah, Tabarakallah, Alhamdulillah. Saya mendapatkan kesempatan yang tidak saya duga, mengikuti Raimuna Nasional. Ini adalah kepercayaan MAN 2 Kulon Progo dan Kwarcab Kulon Progo yang diberikan kepada saya. Insya Allah sebisa mungin saya akan melaksanakan dengan maksimal. Saya mohon doa restu mama dan ayah, juga bu Aning (Hartiningsih) Kepala MAN 2 Kulon Progo, juga teman-teman khususnya yang aktif di kepramukaan,” ia mengungkapkan perasaannya.

Hamida Nisa Nurhidayah pun mengungkapkan perasaan yang sama. “Alhamdulillah, saya terpilih menjadi bagian dari peserta Rainas Kontingen Kulon Progo. Saya tentu bersyukur dan merasa senang dan bahagia. Di Pramuka ini  mengajarkan kebersamaan, kedisiplinan, kemandirian, jiwa korsa dan semangat pantang menyerah serta  menciptakan suasana persaudaraan dan saling menghargai. Mohon doa restu kepada teman-teman, semoga saya bisa mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya, “ungkapnya. (sug/ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x