Minggu, 19 Mei 2024

Peringatan Nuzulul Quran MAN 2 Kulon Progo; Tujuan Diturunkannya Alquran ke Bumi

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo-MANDAKU). Pengajian dalam rangka memperingati Nuzulul Quran menjadi salah satu agenda penting dalam rangkaian acara Pesantren Ramadan 1444 H di MAN 2 Kulon Progo, (10/4/2023). Pengajian diselenggarakan dalam dua kelompok, yaitu kelompok kelas XI dengan Ustaz Khalid Zamrono, S.Pd.I yang diselenggarakan di Aula Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu. Sedang kelas X dengan Ustaz Zaenal Mustofa, S.Ag., diselenggarakan di Masjid An-Nur di Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo Jalan Pahlawan Panjatan-Wates.

Ahmad Lukman Hakim, S.Hum.,Ketua Panitia Kegiatan Ramadhan 2023, menyampaikan bahwa salah satu kegiatan dalam Pesantren Ramadan adalah pengajian dalam rangka memperingati Nuzulul Quran. Menurutnya, para peserta didik diajak untuk memaknai peringatan Nuzulul Quran untuk selalu berpegang teguh pada Alquran dan Sunnah Rasulullah sebagai pedoman serta tuntunan dalam hidup sebagai umat muslim. Lukman juga berharap bahwa dengan selalu berpedoman pada Alquran dan Sunnah Rasulullah, para peserta didik hidup lebih agamis dan berpandangan moderat karena Alquran mengajarkan kedamaian dan bukan kekerasan.

Ustaz Zainal Mustofa dalam ceramahnya menyampaikan bahwa  semua agama mempunyai kitab suci sendiri-sendiri dan diimani oleh para penganut masing-masing agama. Umat Islam mempunyai Alquran sebagai Kitab Suci. Ia mengungkapkan bahwa dalam dunia ilmu pengetahuan, Alquran mudah diterima dan diadopsi oleh para ilmuwan. Ia mencontohkan puasa. Para ilmuwan sepakat bahwa puasa sangat bermanfaat dalam kesehatan. Puasa pun  dijalankan secara terukur sesuai kekuatan manusia, sehingga ada perintah makan sahur dan menyegerakan puasa.

Ia juga menyampaikan bahwa Alquran adalah KItab Suci. Suci karena kitab suci tersebut tidak mendapat intervensi manusia, tidak ada penambahan dan tidak ada pengurangan. Alquran selalu dituliskan dalam bahasa aslinya, bahasa Arab, yang selalu mendamping terjemahan dan tafsirnya.

Zaenal Mustofa menerangkan maksud dan tujuan Alquran diturunkan ke bumi, yaitu agar umat manusia tidak menyekutukan Allah, tetapi meng-Esakan-Nya agar umat manusia tidak jatuh ke dalam kemusyrikan. Tujuan kedua adalah untuk menumbuhkan persaudaraan/ukhuwah kepada sesama muslim dan sesama manusia. Kepada umat manusia yang berbeda agama pun, Alquran mengajarkan agar umat muslim bisa hidup berdampingan dan hidup damai dengan penuh moderasi dan tolerasi. Umat muslim dilarang mencela sesembahan agama lain.

Tujuan ketiga adalah menyeimbangkan pencarian dunia dan akhirat. Alquran juga mengajarkan bahwa kehidupan dunia sangat menentukan kehidupan umat manusia di akhirat. Tujuan keempat adalah menghilangkan kebodohan. Alquran memerintahkan manusia untuk banyak belajar berbagai aspek kehidupan. (giant/ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x