Minggu, 19 Mei 2024

Kerennya Ujian Praktik Kelas Keterampilan Tata Boga MAN 2 Kulon Progo

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo). Dalam rangka menguji kompetensi siswa pada mata pelajaran keterampilan, MAN 2 Kulon Progo menyelenggarakan Asesmen Madrasah berupa ujian praktik kelas keterampilan bagi peserta didik kelas XII. Kali ini sebanyak 23 siswa keterampilan Tata Boga unjuk kebolehannya di ruang workshopnya lantai 2 Gedung Keterampilan Terpadu Kampus 2 MAN 2 Kulon Progo yang terjadwalkan Selasa dan Kamis (28 dan 30/3/2023).

Peserta ujian dibagi menjadi tiga gelombang. Setiap gelombang diikuti 7-8 siswa yang dibagi menjadi 2 sesi, sehingga setiap sesi diikuti oleh 4 siswa. Jenis hidangan yang diujikan meliputi hidangan pembuka (appetizer), hidangan utama (maincource), hidangan penutup (dessert) serta minuman (beverage). Kesemua hasil olahan tersebut disajikan dalam satu rangkaian hidangan dengan setting table manner.

Eny Prasetyawati, S.Pd, salah satu guru pengampu mata pelajaran keterampilan menyampaikan bahwa ujian praktik ini dilaksanakan secara individu, tidak berkelompok seperti waktu pembelajaran praktik harian. Adapun materi ujiannya mengacu pada Standar Kompetensi Kelulusan (SKL) kelas keterampilan Tata Boga meliputi perencanaan praktik, persiapan alat dan bahan, pelaksanaan pengolahan, hingga pengemasan dan penyajian hasil pengolahan makanan.

Salah satu peserta, Khotimatus Sa’adah, peserta didik kelas XII IPS 4 mengatakan bahwa ujian praktik ini ajang untuk menunjukkan kemampuan dan skill dalam menentukan menu, bahan makanan, mengolah dan menyajikan suatu produk makanan. “Ujian praktik ini benar-benar menjadi ajang yang seru untuk menunjukkan skill atau keterampilan dan kemampuan saya dalam memilih menu, memilih bahan, mengolah serta menyajikan suatu produk makanan,” terangnya.

Ketika ditanya tentang apa yang akan dilakukan setelah lulus dari madrasah, ia mengatakan bahwa ia akan berusaha untuk kuliah. Ia juga bercita-cita menggunakan dan memperdalam bidang Tata Boga sebagai sumber pendapatan kelak. “Ilmu yang diperoleh dari madrasah ini sangat berharga. Saya akan terus mengembangkannya. Insya Allah saya akan kuliah dan bercita-cita hidup mandiri dengan menggunakan ilmu yang saya peroleh ini,” ungkapnya dengan antusias. (giant/ast)

Bagikan pada...
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

2 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Gieks
Gieks
1 tahun yang lalu

MAN 2 KULON PROGO tumbuhkan jiwa wirausaha

Siti+Muslimah
Siti+Muslimah
1 tahun yang lalu

Luar biasa… Uji skill Tata boga … Mantap 👍👍

2
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x