Jumat, 3 Mei 2024
Berita Terbaru

Siapkan Jiwa Pengusaha, MAN 2 Kulon Progo Lakukan Kunjungan Industri

Kulon Progo (MAN 2 Kulon Progo – MANDAKU). Siswa kelas XI MAN 2 Kulon Progo melakukan kegiatan kunjungan beberapa industri di Yogyakarta, Selasa (14/2/2023i). Kunjungan Industri ini merupakan suatu kegiatan tahunan yang dilakukan oleh MAN 2 Kulon Progo guna membuka pengetahuan siswa tentang dunia industri. Siswa diajak untuk melihat bagaimana sebuah perusahaan beroperasi dan bekerja. Mereka diberikan sebuah gambaran tentang suatu pekerjaan di bidang keahlian mereka dan mereka juga diberikan gambaran tentang apa yang harus dilakukan dalam dunia kerja.

Beberapa  lokasi yang menjadi tujuan kunjungan industri meliputi  PT Anggun Kreasi Garmen, Omah Oblong Yogyakarta, UTDI (Universitas Teknik Digital Indonesia), Marel Sukses Pratama, Inalu Ecoprint, Bakpia 25, dan PT Mirota KSM. Adapun pembagian lokasi kunjungan dibedakan berdasarkan keterampilan yang  digeluti siswa serta 1 lokasi pusat perdagangan Malioboro. Sedang siswa kelas XI akademik tetap  mengikuti kunjungan industri dalam rangka penguatan mata pelajaran Prakarya Kewirausahaan.

Kunjungan industri ini menawarkan kegiatan yang beranekaragam bergantung pada lokasi yang dituju. Misalnya,  praktik pembuatan ecoprint di Inalu Ecoprint, praktik menyablon di Omah Oblong, dan keliling pabrik untuk lokasi kunjungan industri yang lain. Usai kegiatan, tugas selanjutnya siswa diminta menyusun laporan kunjungan industri dan mengedit video cinematic outing class tersebut.

Kepala MAN 2 Kulon Progo menyampaikan bahwa MAN 2 Kulon Progo sebagai Madrasah Plus Keterampilan menyiapkan peserta didik untuk Siap Kuliah, Siap kerja, dan Siap Wirausaha. “Dengan kegiatan Kunjungan Industri ini diharapkan siswa mengamati secara sungguh-sungguh dan belajar secara langsung di dunia kerja khususnya dunia industri sehingga peserta didik bisa memiliki bekal kuat untuk menjadi pengusaha ke depannya,” harap Hartiningsih, M.Pd.. (rid/ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x