Sabtu, 20 April 2024

MAN 2 Kulon Progo Beri Hadiah kepada Hufaz 30 Juz

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo – Mandaku). Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada saat Wisuda tahfiz kali ini, MAN 2 Kulon Progo selalu berusaha  memberikan apresiasi kepada hufaz (penghafal Alquran) yang sudah mempunyai hafalan terbanyak. Kali ini ada tiga hafiz-hafizah 30 juz, yaitu Shilham Taqiyuddin Yahya bin Raden Cahyo Dwi Susworo, Maulaya Isykariima binti Sugiyanto, Siti Rofiqoh binti Winarsis Abdul Hakim. Hadiah diserahkan oleh Johar Mukhlis Sulistiyanto, S.Ag., M.Pd., didampingi oleh Muhammad Wahib Jamil, S.Ag., M.Pd., dan Kepala MAN 2 Kulon Progo.  Bertempat di Aula Kampus 2 MAN 2 Kulon Progo, acara berlangsung hikmad dan lancar, Kamis (26/1/2023).

Berkaitan dengan hal tersebut, Johar Mukhlis Analis SDM Aparatur Ahli Muda pada Seksi Tenaga Kependidikan Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DIY, saat memberikan sambutan mengajak para wisudawan dan para peserta didik perwakilan kelas untuk mengembangkan diri dalam program tahfiz. Ia juga mengatakan bahwa wisuda bukan akhir proses pembelajaran, tetapi masih ada tuntutan-tuntutan yang lain diantaranya para wisudawan harus menjaga dan meningkatkan hafalannya.

“Belajar dan mengajarkan Alquran termasuk amalan yang terbaik. Untuk itu, peran dari Ananda semua untuk ikut serta mengajarkan Alquran kepada adik-adik kelas atau bahkan masyarakat, sangat diharapkan, apalagi dengan menerjemahkan Alquran dalam perilaku kehidupan sehari-hari. ‘Khairukum man ta’alamal quran wa ‘amaluhu,’ ia mengutip sebuah hadis.

Secara terpisah, guru pembimbing tahfiz, Siti Muslimah, juga menyampaikan pendapat yang sama. “Wisuda bukan puncak atau akhir  dari kegiatan menghafal Alquran. Tapi justru sebagai gerbang untuk mendapat tiket dalam memperoleh syafaat di yaumil akhir nanti.  Semoga setelah ini semua tetap bisa murajaah menghafalkan terus ayat-ayat Alquran dan mempelajari isinya untuk diamalkan, agar  tidak lepas kendali dari akhlak Quran,” harapnya. “Dan untuk ketiga hufaz, kalian adalah calon ahli surga yang akan membawa mahkota bagi orang tua dan keluarga, selagi Alquran tetap ada dan terjaga pada diri kalian,” tutup Siti Muslimah yang juga merupakan Pengasuh Boarding Miftahul Ulum MAN 2 Kulon Progo ini.

Ditanya kesannya setelah menerima hadiah dari madrasah, Shilham Taqiyuddin Yahya, menyampaikan rasa syukurnya. “Alhamdulillah, senang dan bahagia sekali bisa mengikuti Wisuda Tahfiz. Bisa bertemu dengan teman-teman yang sama-sama pejuang Alquran. Bertemu dengan Kakak kelas yang sebentar lagi mau lulus. Saya banyak mendapatkan pengalaman dan pesan yang memotivasi. Semoga Wisuda Tahfiz tahun kedepan semakin maju, semakin istiqomah, semakin matang persiapannya, dan lebih banyak yang bisa bergabung untuk diwisuda,” ungkap putra dari pasangan Bapak R Cahyo Dwi Sisworo dan Ibu Maryanti ini.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Kulon Progo Hartiningsih dalam sambutannya juga melaporkan bahwa Wisuda Tahfiz 2023 diikuti oleh oleh 80 wisudawan-wisudawati dari kelas X hingga XII. Ia juga melaporkan bahwa ada 3 hafiz-hafizah 30 juz, 3 hafiz-hafizah 11-15 juz, 50 hafiz-hafizah 6-10 Juz, dan 24 hafiz-hafizah 1-5 Juz. Dalam kesempatan itu, ia juga mengajak para siswa perwakilan kelas yang turut hadir untuk menjadikan momen wisuda ini sebagai spirit dan penyemangat untuk menghafal Alquran. (ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

1 Comment
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Siti+Muslimah
Siti+Muslimah
1 tahun yang lalu

Bibarakatil Qur’an… ‘kan memberi syafaat pada qori’nya dan memberikan rahmat pada mustami’nya

1
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x