Jumat, 29 Maret 2024

Buka PDWK di MAN 2 Kulon Progo; Wahib Jamil Tekankan ini

Kulon Progo (MAN 2 Kulon Progo -Mandaku) . β€œDalam melihat sebuah perjalanan proses Pendidikan, kita jangan terjebak kepada masalah-masalah yang bersifat hilir dan bukan yang bersifat hulu. Artinya, hanya melihat problem yang tampak saja kemudian coba untuk diselesaikan. Nah, apa yang terjadi apabila pendidikan itu hanya diselesaikan persoalan-persoalan hilirnya maka saya ibaratkan kita itu bekerja seperti setrikaan,” Demikian tegas Muhammad Wahib Jamil, S.Ag., M.Pd., Kepala Kankemenag Kulon Progo saat membuka pelaksanaan Pelatihan Diklat di Wilayah Kerja (PDWK), Senin (16/1/2023) lalu. Kampus 1 MAN 2 Kulon Progo terpilih menjadi tuan rumah Pelatihan Penulisan Tindakan Kelas (PTK) yang diselenggarakan Balai Diklat Semarang di wilayah kerja Kemenag Kulon Progo.

β€œArtinya, dalam bekerja tidak ada sebuah perubahan, hanya berjalan ke kanan ke kiri. Β Sama ketika kita melihat persoalan di ruang kelas kemudian tidak melihat apa di balik persoalan anak-anak kita. Β Tidak cukup hanya dengan mengubah strategi pembelajaran ataupun dengan berbagai media pembelajaran. Tetapi ternyata dengan hal itu tetap tidak mampu mengubah karakter dan perilaku anak-anak. Berarti ada sesuatu yang substansial yang perlu kita dalami lebih lanjut. Dan inilah harapan adanya Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas ini. Diharapkan Bapak Ibu mampu untuk mengungkap hal-hal yang bersifat substansial sehingga hasilnya akan bisa bermanfaat untuk pengembangan pendidikan di hari-hari yang akan datang,” terangΒ  Wahib Jamil Β di depan 35 peserta pelatihan yang terdiri dari guru-guru dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA yang bekerja di bawah Kemenag Kulon Progo.

β€œJadi, guru bukan hanya pelaku tetapi menjadi pengamat yang harus menempatkan diri sebagai seorang peneliti. Bagaimana menjadi seorang peneliti harus bisa melihat dan memotret keadaan apa adanya. Biarlah itu berjalan secara alamiah. Di dalam kerja dan kinerja, kita jangan hanya terjebak kepada problematika yang bersifat hilir saja tapi tolong juga lihatlah sesuatu dari hulunya. Untuk melihat dari hulu, salah satu alat yang digunakan adalah dengan penelitian ini. Oleh karena itu, ikuti dan dihayati prosesnya karena pelatihan tindakan kelas ini beda dengan tahun-tahun yang lalu. Kalau dulu setelah pelatihan selesai, tetapi nanti setelah pelatihan selesai akan diminta untuk menyerahkan hasilnya,” tegas Kakan Kemenag Kulon Progo ini.

Senada dengan Wahib Jamil, Ketua Panitia Penyelenggara PDWK Khoirul Anwar, M.Pd.I., saat menyampaikan sambutannya berharap agar peserta pelatihan bisa mengikuti sesuai ketentuan yang ada. β€œBahkan mungkin kami tegaskan tidak boleh ada izin kecuali yang diizinkan oleh syar’i diperbolehkan oleh aturan. Semarang punya tugas untuk peningkatan profesional bagi guru. Jangan diambil kesimpulan yang diundang ke sini berarti yang belum professional. Harapannya, nanti teman-teman bisa menyebarkan hasil pelatihan ini kepada teman sejawat, baik di madrasah maupun di sekolah,” ungkapnya. (ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x