Rabu, 17 April 2024

Penarikan PKL Program Keterampilan MAN 2 Kulon Progo di BLK

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo-Mandaku). Peserta didik kelas XII Program Keterampilan MAN 2 Kulon Progo, mengakhiri program Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan magang di Balai Latihan Kerja (BLK) Kulon Progo, (9/1/2023). Peserta PKL terdiri dari semua program keterampilan yang ada di MAN 2 Kulon Progo, yaitu Tata Boga, Tata Busana, Agribisnis dan Pengolahan Hasil Pertanian (APHP), Desain dan Komunikasi Visual (DKV), dan Teknik Audio Video (TAV).

BLK Kulon Progo adalah Unit Pelaksana Teknis pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kulon Progo yang mempunyai tugas pokok dan fungsi melaksanakan Pelatihan Kerja di berbagai bidang kejuruan bagi calon tenaga kerja / pekerja. Dalam penyelenggaraan kegiatan pelatihan kerja didukung dengan tenaga instruktur yang kompeten dan profesional dalam menyiapkan tenaga kerja yang berkualitas, professional, dan kompeten serta mampu bersaing di pasar kerja.

Menurut Imam Muttaqien, S.T.P., Kepala Unit Produksi Program Keterampilan MAN 2 Kulon Progo, kegiatan PKL Kelas XII Keterampilan Β di BLK diselenggarakan dalam 2 gelombang. Gelombang ke-1 dari tanggal 12-26 Desember 2022, dan Gelombang ke-2 dari 27 Desember 2022 hingga 9 Januari 2023.

Pada hari terakhir PKL di BLK, Imam menyampaikan terima kasih atas penerimaan para peserta didik MAN 2 Kulon Progo sebagai peserta pelatihan dan PKL di BLK. Ia berharap program kerjasama antara MAN 2 Kulon Progo dan BLK Kulon Progo dapat berjalan berkesinambungan. Ia juga meminta maaf bila para peserta didik peserta PKL melakukan kesalahan dan kekhilafan selama mengikuti PKL.

Ketika dimintai kesan selama membimbing perserta didik dari MAN 2 Kulon Progo, Tri Nuryanti, instruktur di bidang keterampilan Tata Busana mengungkapkan bahwa ia merasa senang terlibat dalam kerjasama dengan program keterampilan Tata Busana. β€œAnak-anak sangat antusias, ditandai dengan tidak ada keterlambatan, datang tepat waktu. Mereka semua rajin dan tekun, dan sebagian dari mereka sudah menyelesaikan busana karya desainnya sendiri dan sudah dipajang,” tuturnya.

Setelah melihat keseriusan para peserta didik, ia berharap bila nanti setelah lulus para peserta didik tidak bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, ilmu yang ia peroleh di BLK dapat mereka gunakan untuk memperoleh kehidupan layak atau bisa memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang mumpuni di dunia usaha dan industri. Ia juga memberikan informasi, bahwa pelatihan-pelatihan di BLK akan dimulai 14 Februari 2022, bila ada alumni MAN 2 Kulon Progo menghendaki ia meminta untuk segera mendaftarkan diri.

Ketika menutup pelatihan dan PKL program keterampilan TAV, Rio, instruktur muda di bidang TAV mengatakan, β€œIni memang kerjasama yang menyenangkan karena langsung dengan anak-anak usia sekolah. Masih semangat-semangatnya untuk belajar, berlatih sehingga materi yang disampaikan dapat diserap dengan baik. Sampai projek final pun, juga dilaksanakan dengan baik sesuai dengan rencana, desain masing-masing peserta.”

Muhammad Hilman Al-fawwas (XII IPS3), salah satu siswa keterampilan DKV yang diajar Rio juga merasa senang bisa belajar dan magang di BLK. β€œKami mendapatkan ilmu baru di sini. Kami saling bertukar desain sablon kaos kemudian dicetak. Silang atau tukar desain ini untuk memosisikan sebagai custumer dan penyedia jasa. Ini untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen,” jelasnya. (giant/ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

1 Comment
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Aning
Aning
1 tahun yang lalu

Wujudkan siswa MANDAKU yang MANDIRI dengan bekal skill program ketrampilan. SIAP KULIAH, SIAP KERJA DAN SIAP WIRAUSAHA. MANDAKU SIAAPP πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘βœ¨οΈβœ¨οΈβœ¨οΈβœ¨οΈ

1
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x