Sabtu, 20 April 2024

MAN 2 Kulon Progo Sukses sebagai Tilok CAT Indeks Profesionalitas dan Moderasi Beragama

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo – Mandaku). Pelaksanaan survei  Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama Aparat Sipil Negara (IPMB ASN) Kementerian Agama berbasis Computer Assisted Test (CAT) dengan Tilok (Titik Lokasi) di MAN 2 Kulon Progo, berlangsung sukses dan lancar. CAT diselenggarakan di semua ruang laboratorium komputer yang ada di Gedung Workshop Keterampilan Unit 2 MAN 2 Kulon Progo, Jalan Pahlawan Panjatan Wates, Selasa (27/12/2022). Peserta tes terdiri dari 277 ASN yang berasal dari berbagai satuan kerja dan instansi di bawah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, termasuk 62 ASN MAN 2 Kulon Progo dan beberapa ASN yang berasal dari daerah lain.

CAT Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama Aparat Sipil Negara sendiri merupakan sebuah usaha untuk mendukung Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024 dan Rencana Strategis Kementerian Agama serta dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia aparatur yang profesional dan moderat. Sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, Muhammad Wahib Jamil, S.Ag, M.Pd., menyampaikan rasa bangganya bahwa MAN 2 Kulon Progo sangat siap sebagai tempat penyelenggaraan tes tersebut.

“MAN 2 Kulon Progo siap 100 persen sebagai tempat penyelenggaraan acara ini. Ruang dan perangkat komputer sangat memadai, internet yang tak putus-putus dan lancar, sumber daya manusia yang handal tampak dalam pelaksanaan CAT IPMBASN ini. Saya yakin dalam keseharian, dalam proses pembelajaran sehari-hari, MAN 2 Kulon Progo pasti memberikan pelayanan prima kepada semua peserta didik seperti ini,” ungkapnya.

Selanjutnya ia menyatakan bahwa CAT IPMBASN ini adalah survei secara nasional untuk mengukur kemampuan awal dari semua pegawai yang berada di Kementerian Agama. “Tentu ini harus dimaknai bahwa ada sesuatu yang memang perlu dilakukan dalam konteks pembinaan pegawai bukan dalam arti justifikasi tetapi merupakan survei awal. Mungkin mereka belum memahami secara kognisi, tetapi secara implementasi (professional dan moderasi agama) sudah dilakukan dengan baik. Terkait dengan profesionalisme, seorang ASN memiliki perilaku dan kinerja yang baik tetapi barangkali dari sisi konsep, kemampuan memahami aturan, belum secara detail. Semua harus dimaknai positif bahwa CAT IPMBASN bukan untuk menjustifikasi tetapi sebagai bagian untuk evaluasi diri dan meningkatkan kompetensi dan profesionalitas serta tingkat moderasi di kemudian hari,” tegas Wahib Jamil.

Ketika ditanya tentang tindak lanjut CAT IPMBASN tersebut, ia dan jajarannya masih menunggu arahan dari Kementerian Agama, dari Sekretariat Jendral. “Tetapi pada intinya penyelenggaraan tes ini untuk memperkuat profesionalisme dan moderasi semua ASN Kementerian Agama Republik Indonesia. Karena hal ini adalah kewajiban bagi seluruh ASN yang tidak dikecualikan maka semua antusias dan berkeinginan untuk mengetahui seberapa jauh tingkat profesionalitas dan moderasi beragama yang mereka capai selama ini,” tambahnya.

Sehari sebelumnya, pengawas madrasah, Kalimah, S.Ag., M.A. dan Barakatus Shalihah, S.Ag., M.SI., dan beberapa Pegawai dari Kemenag Kabupaten Kulon Progo meninjau persiapan penyelenggaraan CAT IPMBASN 2022 di MAN 2 Kulon Progo. Kalimah mengatakan bahwa tim sangat sigap dengan perangkat komputer dan jaringan internet juga sudah siap pakai. “Semoga Bapak Ibu guru dan pegawai Mandaku (sebutan kebanggaan untuk MAN 2 Kulon Progi) dan seluruh  peserta dari Kemenag Kulon Progo lancar dalam mengikuti tes sehingga tercipta ASN moderat, penjaga kesatuan dan kerukunan bangsa,” sambungnya.

Hal senada disampaikan oleh Suliswadi, pegawai Kemenag Kabupaten Kulon Progo. Ia meyakini bahwa CAT IPMBASN dapat berjalan dengan lancar setelah melihat persiapan yang dilakukan oleh MAN 2 Kulon Progo.

Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd., pun menyatakan rasa syukurnya karena pelaksanaan CAT dengan Tilok  di  madrasahnya berjalan lancar. “Persiapan sudah kita lakukan dua hari sebelumnya yang melibatkan tim IT dari Mandaku. Masing-masing bertanggung jawab pada satu laboratorium komputer,” ujar Aning (sapaan akrab Hartiningsih).

“Bukan kali ini saja Mandaku dipercaya sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan Kemenag Kulon Progo. Sebelumnya juga digunakan sebagai tempat KSM Tingat Kabupetan/Kota. Alhamdulillah, berjalan lancar, pelayanan prima selalu menjadi fokus utama Mandaku untuk mendukung kesuksesan suatu kegiatan” pungkasnya. (giant/ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

3 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Ifa
Ifa
1 tahun yang lalu

Alhamdulillah, dapat berjalan lancar CAT ASN Kemenag. Sukses untuk MANDAKU dan sukses untuk semuanya👍👍

Aning
Aning
1 tahun yang lalu

Sukses Hasil Sukses Penyelenggaraan. Alhamdulillah..MANDAKU SIAP..👍👍👍✨️✨️

Siti+Muslimah
Siti+Muslimah
1 tahun yang lalu

Alhamdulillah… peserta CAT IPMB puas dengan layanan MANDAKU

3
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x