Sabtu, 20 April 2024

Siswa MAN 2 Kulon Progo Belajar Sejarah Keagamaan di Makam Raden Ayu Siti Khadijah

Denpasar (Humas MAN 2 Kulon Progo – Mandaku). Telah disinggung di berita sebelumnya bahwa MAN 2 Kulon Progo menyelenggarakan Studi Budaya dan Religi di Pulau Dewata, Bali yang diikuti oleh siswa-siswi kelas XI. Di hari pertama kunjungan, mereka ziarah di Makam Raden Ayu Siti Khadijah, (21/12/2022).

Tujuan dari kegiatan ini, disamping mendoakan Raden Ayu Siti Khadijah, juga untuk mengetahui jejak- jejak orang pertama yang membawa Islam ke Bali atau orang generasi awal yang memeluk Islam. Makam tersebut terletak di Jalan Gunung Batukaru Pamecutan Denpasar.

Raden Ayu Siti Khadijah, yang memiliki nama asli Gusti Ayu Made Rai adalah putri raja Pamecutan. Ia adalah istri Cakraningrat IV. seorang raja dan seorang muslim seperti sang suami. Saat ia pulang ke Pamecutan karena merindukan keluarga dan negaranya dikawal sejumlah pasukan dan pelayan. Suatu ketika ia mengerjakan salat, suatu ibadah yang berbeda dengan bentuk ibadah Hindu. Hal ini dianggap sekte sesat atau ritual ilmu hitam. Tanpa bertanya banyak hal, raja menganggap Raden Ayu Siti Khadijah melakukan perbuatan yang memalukan dan membahayakan Pamecutan, dan memutuskan untuk memberikan hukuman mati.

Drs Suyasman, M.A., seorang guru Sejarah Kebudayaan Islam, yang juga menjadi pendamping, mengatakan bahwa Raden Ayu Siti Khadijah atau Gusti Ayu Made Rai adalah salah satu pemeluk Islam pertama di Bali, yang berasal dari keluarga kerajaan di Bali dan peristiwa ini terjadi pada abad ke-17 sekitar tahun 1760-an.

Raygina, salah seorang siswa mengatakan merasa tertarik dengan kisah tersebut dan menyampaikan pendapatnya. “Seandainya mereka semua menjalin komunikasi yang baik, saling terbuka, kecurigaan yang berakhir pembunuhan tak akan terjadi,” ia menyesalkan.

Bagikan pada...
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

4 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Siti+Muslimah
Siti+Muslimah
1 tahun yang lalu

Alhamdulillah… ada wisata Religi untuk muslim juga di Bali.

zainal.gce@madrasah.id
1 tahun yang lalu

MANDAKU mantab. Barakallah..

Ada yang tau siapa yang membawa islam pertama di Jogja? Kulon Progo? Wates? Panjatan?

Pak Gie
Pak Gie
1 tahun yang lalu

Gusti Ayu Made Rai (nama Bali) atau Raden Ayu Siti Khadijah (nama Madura)

Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
1 tahun yang lalu

Alhamdulillah

4
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x