Minggu, 29 Januari 2023

Pelaksanaan PAS Ganjil 2022/2023 di MAN 2 Kulon Progo Makin Oke

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo-Mandaku). Pelaksanaan PAS (Penilaian Akhir Semester) Gasal  Tahun Ajaran 2022/2023 di MAN 2 Kulon Progo hingga hari ketujuh, berjalan dengan tertib, Selasa (6/12/2022). Penegakan disiplin yang dicanangkan panitia PAS terbilang sukses. Sinergi panitia dan pengawas yang tegas terhadap peserta ujian yang melanggar membawa dampak positif dengan meningkatnya disiplin siswa. Beberapa kebijakan baru pun menjadi pendukung suksesnya pelaksanaan PAS kali ini.

“PAS tetap dilaksanakan di dua kampus dengan peserta ujian yang dikombinasi. Kelas XII IPS yang tadinya belajar di Kampus 1 berpindah ke Kampus 2, tukar tempat dengan Kelas XI IPS. Hal ini selain untuk mengurangi potensi menyontek juga untuk mengakrabkan kakak kelas dengan adik kelas karena beda kampus,”papar Kurnia Panca Dewi, S.Pd., M.Si., Wakil Kepala Bidang Kurikulum.

Panitia membagikan kartu ujian  setiap pagi ketika siswa datang di madrasah. Ada beberapa alasan mengapa hal ini dilakukan. Pertama, berfungsi untuk mengecek kehadiran siswa sekaligus memastikan ketertiban siswa dalam berseragam maupun berpenampilan. Dengan demikian jika ada siswa yang terdeteksi tidak berangkat  hingga durasi lima menit sejak siswa masuk ruangan maka akun siswa yang bersangkutan akan diblokir. Hal ini untuk menghindari adanya kecurangan dalam pelaksanaan PAS. Termasuk izin sakit, siswa juga tetap diblokir karena akan disediakan waktu khusus untuk ujian susulan,” tambah Panca Dewi menerangkan.

Lebih lanjut Panca Dewi menjelaskan untuk siswa yang melanggar tata tertib ditempatkan di Ruang Khusus yang diawasi pengawas cadangan 1. Sedang siswa yang handphone-nya tidak support ditempatkan di Ruang Laboratorium Komputer dan diawasi pengawas cadangan 2. “Jadi saya tegaskan di sini bahwa pengawas baik yang terjadwal di ruang-ruang ujian maupun yang tertulis sebagai cadangan tetap bertugas mengawasi ujian,” pungkasnya.

Selama pelaksanaan PAS dengan menggunakan aplikasi Jogja Madrasah Digital (JMD), tentu tak lepas dengan berbagai permasalahan. Seperti tiba-tiba keluar dari aplikasi padahal baru proses mengerjakan, handphone yang perlu penanganan khusus karena kurang support, layar handphone nge-freeze , maka panitia sudah dengan sigap menangani. Mereka adalah Tim IT yang tergabung dalam admin JMD. Admin JMD unit 1 antara lain R. Ori Rofianto, S.I.P. dan Siti najariyah, S.Pd. Sedang admin JMD unit 2 Rina Sarifah, M.Pd., Listya Palupi Wisnu Aji, M.Pd., Wadianto, S.Pd., dan Rahmat Ariwibowo. (ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

2 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Aning
Aning
1 bulan yang lalu

Alhamdulillah sukses penyelenggaraan semoga juga sukses hasilnya. Terimakasih Bapak Ibu dan anak anak siswa MANDAKU 👍👍👍✨️✨️✨️

Pak Gik
Pak Gik
1 bulan yang lalu

Alhamdulillah, lancar

2
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x