Kamis, 8 Desember 2022

Ini Ajakan Kepala MAN 2 Kulon Progo dalam Upacara Hari Pahlawan

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo – Mandaku) . “Jadikan momentum peringatan Hari Pahlawan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya; dan menjadikan semangat dan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama.” Demikian ajakan Hartiningsih, M.Pd., kepala MAN 2 Kulon Progo saat menjadi pembina upacara dalam peringatan Hari Pahlawan di kampus utama MAN 2 Kulon Progo , Jumat (10/11/2022). Upacara diikuti oleh seluruh guru, pegawai, dan siswa kelas X dan XI dengan petugas dari Tim Pleton Inti. Tema upacara kali ini adalah “Pahlawanku, Idolaku”.

Hartiningsih dalam kesempatan tersebut membacakan teks pidato Menteri Sosial, Tri Risma Harini. Ia menyampaikan bahwa Hari Pahlawan setiap tahun diperingati dengan renungan untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup, sebagai bangsa dan negara merdeka. “Kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para pahlawan bangsa. Dari para pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Penting kita resapi semangat dan keikhlasannya.” Nada Aning menegas (sebutan akrab Hartiningsih).

“Teladan dari para pahlawan bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat kita di Peringatan Hari Pahlawan tahun ini, Pahlawanku Teladanku. Dengan semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat. Janganlah kita mau untuk dipecah belah, ingatlah Bhinneka Tunggal Ika,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, dibagikan pula hadiah-hadiah untuk para juara dalam berbagai event lomba, baik yang dilaksanakan secara intern maupun kejuaraan dari berbagai kompetisi di luar madrasah baik pada tingkat nasional, provinsi, maupun kabupaten.

Adapun kompetisi intern madrasah seperti lomba menyemarakkan Teatrikal Kesejarahan, lomba memperingati Bulan Bahasa, Hari Santri Nasional, dan kegiatan tabur bunga di Makam Pahlawan di Giripeni Wates. Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Pengurus seluruh Organisasi Kesiswaan Periode 2021-2022 ke Periode 2022-2023 juga menjadi agenda penting usai upacara. (giant/ast)

 

Bagikan pada...

Lihat juga

Aning; Kepala MAN 2 Kulon Progo Hibah Buku Sastra di Kedai Ilmu

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo – Mandaku). Kini para guru, pegawai dan seluruh siswa MAN …

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

3 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Sugiyanta
Sugiyanta
22 hari yang lalu

Semakin asyik

Warsito
Warsito
22 hari yang lalu

Semoga kita bisa menjadi pahlawan, minimal pahlawan bagi kita masing-masing.

Aning
Aning
22 hari yang lalu

Pahlawanku Teladanku internalidasi nilai nilao Pahlawan sebgai bagian dari pembentukkan karakter siswa MANDAKU

3
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x