Kamis, 8 Desember 2022

Pengawas Madrasah Verifikasi Administrasi Guru MAN 2 Kulon Progo

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo – Mandaku). Hj. Kalimah, S.Ag., M.A, Pengawas Madrasah Kantor Kemenag Kabupaten Kulon Progo melakukan verifikasi administrasi para guru MAN 2 Kulon Progo. Verifikasi dilaksanakan di Ruang Manajemen Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Kampus 2 MAN 2 Kulon Progo. Verifikasi dilaksanakan selama dua hari yaitu Kamis dan Jumat, (13-14/10/2022) dan diikuti 62 guru. Penyelenggaraan verifikasi ini bertujuan untuk memberikan pembinaan dan masukan-masukan terkait kegiatan guru dan bukti fisik mengajar.

Kalimah, dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa Covid-19 sudah berlalu dan proses pembelajaran tidak lagi dilaksanakan secara daring. Pembelajaran dilaksanakan kembali secara normal sehingga guru harus menyesuaikan administrasi pembelajaran. Penunjukan MAN 2 Kulon Progo sebagai pilot project pelaksanaan Kurikulum Merdeka juga hal yang baru bagi guru.

Guru diberikan kebebasan membuat rencana pembelajaran yang membuat para peserta didik mudah dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan. Guru dituntut menyampaikan materi dengan cara yang lebih menarik dan mudah diakses oleh para peserta didik. Semua ini harus terhimpun mulai dari pengembangan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Program Tahunan (Prota), Program Semester, Modul Ajar (MA), sampai pada pelaksanaan pembelajaran dan penilaian serta ditunjukkan dengan bukti fisiknya.

Adapun berkenaan dengan administrasi yang berhubungan dengan pelaksanaan Kurikulum Merdeka, ia menyatakan bahwa guru-guru MAN 2 Kulon Progo terlihat aktif meningkatkan kompentensinya dengan banyak belajar dan mencari sumber-sumber belajar dengan antusias. “Verifikasi ini juga sebagai kegaiatan bertukar pikiran penyusunan administrasi guru yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Ini hal baru bagi Bapak Ibu Guru, juga saya sebagai Pengawas Madrasah. Kita bersinergi menyambut Kurikulum Merdeka,” ajaknya.

Kalimah juga menyampaikan bahwa dokumen administrasi para guru MAN 2 Kulon Progo sebagai bukti guru melaksanakan tugas pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022 sangat baik, tertib dengan rentang capaian antara 85 hingga 100%. Ketika diminta kesan-kesan saat melakukan pembinaan, ia merasa bersyukur. “Alhamdulillah sangat lancar, Bapak Ibu Guru Mandaku luar biasa, hebat, tertib administrasi, dan semoga sukses selalu.”

Kepada seluruh guru, Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd., menyampaikan bahwa pelaksanaan verifikasi ini dilaksanakan pada waktu yang tepat. Ia mengajak semua guru untuk mengikuti verifikasi dengan sebaik-baiknya sambil menanyakan segala sesuatu yang belum dipahaminya utamanya administrasi pelaksanaan Kurikulum Merdeka.

Pelaksanaan verifikasi administrasi guru ini mendapatkan sambutan hangat dari guru-guru seperti yang disampaiakn oleh Khalid Zamroni, S.Ag., seorang guru Sejarah Kebudayaan Islam. “Bersama Bu Kalimah, saya merasa semakin tercerahkan terutama yang  berhubungan dengan Kurikulum Merdeka. Bu Kalimah menambah banyak wawasan saya,” tuturnya. (giant/ast)

Bagikan pada...

Lihat juga

Aning; Kepala MAN 2 Kulon Progo Hibah Buku Sastra di Kedai Ilmu

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo – Mandaku). Kini para guru, pegawai dan seluruh siswa MAN …

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

5 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Aning
Aning
1 bulan yang lalu

Alhamdulillah..matur nuwun Bu Kalimah Ibu Pengawas dan Bapak Ibu Guru semuanya..👍👍👍✨️✨️✨️

Warsito
Warsito
1 bulan yang lalu

Semoga menjadikan kita selalu tertib dalam administrasi dan mengajar

Cholid Azam
Cholid Azam
1 bulan yang lalu

Alhamdulillah meski sempat ragu dan grogi akhirnya bisa melewatinya juga.
Jadi tidak sabar nunggu supervisi berikutnya.
terimakasih mr Giant atas bimbingannya.

FARIDA RAHMAWATI
FARIDA RAHMAWATI
1 bulan yang lalu

Alhamdulillah…
Matur nuwun bunda Kalimah atas bimbingan dan arahannya…

Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
1 bulan yang lalu

Alhamdulillah..👍👍👍
MANDAKU PASTI…
CeTTAR MEMPESONA..💥💥💥

5
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x