Minggu, 24 September 2023

Siswa-Siswi MAN 2 Kulon Progo Berkarya Membuat Kain Ecoprint

Kulon Progo (MAN 2 KP – Mandaku) . Tidak mau kalah dengan guru-gurunya yang membuat kain ecoprint, para peserta didik MAN 2 Kulon Progo menunjukkan kebolehannya dengan berkarya dan berkreasi membuat kain ecoprint. Kegiatan ini dalam rangka praktik mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan atau sering disebut PKWU untuk kelas XI dan XII.

Untuk kelas XII kegiatan dilaksanakan di Kampus 1 Jalan Khudori 40 Wonosidi Wates. Sedang kelas XI dilaksanakan di ruang workshop keterampilan Tata Busana Gedung Workshop Keterampilan Terpadu Kampus Pusat (atau juga sering disebut Unit 2) MAN 2 Kulon Progo, pada Senin dan Selasa, (22-23/8/2022). Pembimbing dalam praktik pembuatan kain ecoprint ini adalah Dwi Kurniawati, S.Pd., guru PKWU yang merangkap sebagai guru keterampilan Tata Busana.

Menurut Dwi, ecoprint merupakan teknik memindahkan motif daun ataupun komponen lain dari tumbuhan ke atas permukaan suatu media, misal kain atau kertas. Dwi merasakan bahwa para anak didiknya sangat antusias, semangat, senang, karena bisa langsung praktik membuat ecoprint, tidak hanya sebatas teori saja.

“Setelah melihat kain ecoprint hasil karya ibu-ibu gurunya yang praktik dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan lalu, beberapa anak minta untuk praktik membuatnya,” kata Dwi menggambarkan antusias peserta didiknya. Menurutnya, kegiatan ini murni permintaan para peserta didiknya. Ia berharap membuat kain ecoprint ini menjadi pengalaman berharga para peserta didik dan membuatnya bisa menghargai karya orang lain. Ia juga berharap kegiatan ini menjadi salah satu alternatif untuk mengembangkan minat serta bakat jiwa kewirausahaannya. “Semoga ini bermanfaat dan menjadi bekal bagi kehidupannya setelah lulus dari MAN 2 Kulon Progo,” harapnya.

Nabila, salah satu siswa kelas XI Agama mengatakan bahwa ia merasa senang bisa melihat langsung dan praktik proses pembuatan kain ecoprint. Menurutnya, praktik membuat kain ecoprint dapat menambah wawasannya.

“Mungkin kain ecoprint akan menjadi salah satu pilihan usaha saya, karena proses pembuatannya cukup mudah dan bahan yang digunakan adalah bahan alami yang mudah diperoleh di lingkungan saya sendiri,” tambahnya. (giant/ast)

 

 

Bagikan pada...
3.5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

6 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Aning
Aning
1 tahun yang lalu

Eco print produk andalan Tata Busana MANDAKU SIAP menerima pesanan ✨️✨️❤️❤️👍👍

Siti+Muslimah
Siti+Muslimah
1 tahun yang lalu

Pengalaman berharga… Sangat bermanfaat 👍

FARIDA RAHMAWATI
FARIDA RAHMAWATI
1 tahun yang lalu

Kain ecoprint karya siswa MANDAKU, kereen… 👍✨🤩

Sugiyanta
Sugiyanta
1 tahun yang lalu

Alhamdulillah, anakku ikut disitu

Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
1 tahun yang lalu

Alhamdulillah…👍👍👍

Warsito
Warsito
1 tahun yang lalu

Keren…karya siswa yg kreatif di tengah-tengah kesibukan belajar

6
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x