Minggu, 29 Januari 2023

Beberapa Cara Menggunakan dan Merawat Handphone dengan Baik, Benar dan Bijak

Tips Cara Menggunakan Handphone dengan Baik dan Benar, Agar HP Awet dan kehidupan Andapun seimbang. Handphone sekarang sudah dirasa telah menjadi kebutuhan penting. Apalagi sekarang sudah muncul Smartphone yang menjadikan lebih simple dan praktis. Namanya barang elektronik pasti tidak bisa ditebak kapan dia akan rusak/error, namun sebagai pengguna pasti kita ingin agar handphone kita apapun jenisnya agar awet dan tahan lama. Berikut beberapa tips yang ingin saya bagikan untuk teman-teman pembaca:

  1. Jaga perangkat sejajar dengan mata.

Saat menggunakan telepon, alih-alih menundukkan kepala ke depan, cobalah untuk menjaga tulang belakang netral agar telingamu tetap sejajar dengan bahu.

  1. Beristirahatlah setiap 20-30 menit.

Jika Anda akan menghabiskan waktu yang lama bekerja dengan perangkatmu, jangan lupa untuk sering istirahat. Bangun dan berjalanlah, atau lakukan peregangan leher dari waktu ke waktu.

  1. Selalu perhatikan postur tubuh.

Ingatkan dirimu untuk memeriksa cara memegang kepala dan memperbaikinya sesering mungkin. Anda akan terbiasa menjaga dagu sejajar dengan lantai seiring waktu.

  1. Bebas genggam kapan pun Anda bisa.

Cobalah untuk menghindari memandang perangkat sepanjang waktu. Ubah suaramu menjadi pesan dengan bantuan aplikasi bicara-ke-teks alih-alih mengetik dan menggunakan headset Bluetooth. Atau alih-alih berbicara dengan temanmu dengan cara biasa.

  1. Jangan Menggunakan Handphone Ketika Dicharge.

Menggunakan handphone saat dalam pengecasan sangat berbahaya. Terutama digunakan dalam ruangan yang mempunyai suhu panas. Potensi yang timbul menggunakan handphone saat charge adalah tersengat listrik dan timbulnya konsleting yang mengakibatkan kebakaran.

  1. Jangan Bermain Handphone Ketika Berkendara.

Baik mengendarai roda 2 ataupun 4 dilarang sambil memainkan handphone, sekalipun ada telfon ataupun chat masuk. Jika ini dilakukan, anda pasti akan fokus pada smartphone dan lupa akan anda sedang berkendara dijalan raya. Akibatnya bisa fatal karena dapat terjadi kecelakaan, yang mengakibatkan nyawa melayang. 

  1. Menggunakan Dengan Positive

Kecanggihan yang terdapat dalam gadget dapat dimanfaatkan untuk mendownload atau mengunduh file atau data yang bermanfaat, seperti suara membaca Al-Qur’an dari qori’ yang memiliki suara merdu dan bertajwid sehingga bisa membantu dalam menghafal Al-Qur’an. Kapasitas penyimpanan yang relatif besar dapat digunakan untuk menyimpan hal-hal yang positif, seperti nasehat, murotal dan lain sebagainya. Kepraktisan dan hematnya biaya dalam berkomunikasi dapat digunakan untuk melancarkan kegiatan kita sehari-hari, seperti memberikan informasi tentang kabar dari saudara, bisnis online, dalam bekerja dan lain sebagainya.

Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa, saat ini banyak situs (alamat di internet) yang dapat digunakan untuk mempermudah mendapatkan referensi materi belajarnya. Dengan beberapa referensi itu dapat membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas belejarnya dan bahkan biayanya jau lebih murah djika di bandingkan dengan membeli buku, dan juga dapat mencari informasi terkait banyaknya tawaran beasiswa di bebrapa perguruan tinggi, baik di dalam atau di luar negeri. Demikian pula jika kita dapat memanfaatkan berbagai informasi tentang peluang dan kiat menjadi pengusaha yang sukses, maka akan sangat membantu dalam usaha kita.

Dengan selalu fokus terhadap informasi positif yang hendak kita cari di dunia maya saat ini menggunakan gadget, akan membantu kita dalam memanfaatkan gadget. Terkadang tayangan-tayangan yang mengarah pada pornografi sengaja disisipkan dalam bentuk iklan, maka kita harus selalu berupaya mengabaikan bentuk informasi atau tayangan negatif yang muncul secara tiba-tiba tersebut. Dengan selalu berupaya menjaga kedua mata kita dari hal-hal yang diharamkan untuk dilihat maka kita akan diselamatkan Allah dari ancaman api neraka

  1. Membuat batasan waktu pengguaan gadget.

Seorang yang sudah berkeluarga mempunyai tanggung jawab yang besar pada keluarganya. Suami sebagai kepala keluarga mempunyai tanggung jawab mecarikan nafkah, meramut, mengarahkan pada istri dan anak-anaknya. Laki-laki yang sudah berkeluarga haruslah menyadari bahwa kondisinya sudah berbeda dengan seorang yang bujangan (orang yang belum menikah), maka dalam menggunakan gadgetpun haruslah mengarah pada kemanfaatan bagi dirinya dan keluarganya.

Demikian halnya bagi seorang perempuan yang sudah berusami, dia mempounyai tanggung jawab untuk menjaga kehormatan dirinya dan suaminya, menyiapkan makanan sehari-hari bagi suami dan anak-anaknya, serta kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat yang berkaitan dengan rumah tangganya. Agar tugas-tugasnya sebagai seorang ibu rumah tangga tidak terbengkalai, maka sorang ibu dalam menggunakan gadget juga haruslah lebih bijaksana sehingga keluarganya tetap utuh, harmonis serta terwujudnya ketenangan dan kesejukan di dalam rumah.

Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa seharusnya waktu-waktu luangnya dimanfaatkan untuk istirahat, mengulang atau membaca kembali pelajaran atau meteri kuliahnya. Namun terkadang dengan alasan refreshing mereka menggunakan waktu luang itu secara terus menerus untuk memutar lagu, menonton film dan bermain game dengan berbagai jenis permainan yang terpasang di dalam gadgetnya. Sehingga kebiasaan seperti inilah jika dilakukan secara terus-menerus dapat menimbulkan ketagihan. Agar tidak terjadi seperti itu maka penggunaan gadget harus dibatasi oleh dirinya sendiri, bisa memanfaatkan waktu luang untuk belajar, menambah keilmuannya, menghafal alquran, berdoa, berdzikir dan kegiatan-kegiatan positif lainnya.

  1. Gunakan untuk berbagi

Berbagi bisa sangat mudah ketika kamu notice terhadap hal-hal kecil di sekitarmu. Ketika menemukan informasi menarik, kamu bisa membagikannya dengan kawan-kawanmu melalui aplikasi media sosial di smartphone-mu. Jadi, selain menjadi pengguna smartphone yang bijak, kamu juga bisa menjadi pengguna media sosial yang bijak

  1. Ingatlah bahwa smartphone itu hanya alat

Kehadiran teknologi dalam kehidupan manusia sesungguhnya adalah untuk memudahkan aktivitas manusia. Bukan malah mengubah pola hidup manusia menjadi kurang produktif dan hanya terfokus pada hal-hal yang kurang bermanfaat. Tidak jarang orang menggunakan smartphone-nya secara berlebihan dan seolah tidak mau terlepas darinya. Gunakanlah smartphone-mu sebagaimana fungsinya sebagai alat untuk memudahkan aktivitasmu.:

 

Sumber : https://style.tribunnews.com, https://djonews.com/5-tips-memakai-handphone-dengan-baik-dan-bijak/, http://stepanarmando.blogspot.com/2017/01/beberapa-cara-menggunakan-hp-dan.html, https://www.car.co.id/

Bagikan pada...