Minggu, 19 Mei 2024

Penilaian Sumatif Akhir Semester 2 Tahun Ajaran 2023/2024 Program SKS Percepatan MAN 2 Kulon Progo Berlangsung Lancar

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo) – Sebanyak 18 peserta didik kelas X yang mengikuti program Satuan Kredit Semester (SKS) Percepatan di MAN 2 Kulon Progo telah menyelesaikan Penilaian Sumatif Akhir Semester 2 (PSAS) pada tanggal 22 hingga 30 April 2024. PSAS diselenggarakan secara online melalui aplikasi Jogja Madrasah Digital (JMD), sebuah inovasi digital yang dikembangkan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta (Kanwil Kemenag DIY).

PSAS dilaksanakan Ruang Komputer Unit 2 Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo, yang terletak di Jalan Pahlawan Panjatan-Wates. Penggunaan aplikasi JMD dalam PSAS merupakan bagian dari upaya MAN 2 Kulon Progo untuk mendukung digitalisasi madrasah serta sebagai implementasi dari konsep Madrasah Adiwiyata.

Menurut Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd, program SKS Percepatan yang diterapkan oleh madrasah bukanlah sekadar sistem kebut semalam. Ia menegaskan bahwa SKS merupakan percepatan proses belajar tanpa mengurangi substansi materi atau lamanya waktu belajar. Peserta didik yang mampu menyelesaikan materi dalam waktu yang lebih singkat diberi kesempatan untuk memperdalam pelajaran lain sesuai dengan potensi masing-masing.

“Waktu belajarnya setiap semesternya enam bulan, tetapi bila peserta didik mampu menyelesaikan waktunya dalam empat bulan, maka ia diperkenankan untuk mengambil materi pelajaran semester berikutnya,” jelas Hartiningsih.

Sementara itu, Wakil Kepala bidang Kurikulum, Kurnia Panca Dewi, M.Si., menjelaskan bahwa penggunaan aplikasi JMD dalam PSAS Tahun Ajaran 2023/2024 adalah bagian dari komitmen MAN 2 Kulon Progo untuk mengurangi penggunaan kertas atau bahkan menuju ke arah tanpa menggunakan kertas sama sekali (zero paper).

Dengan berakhirnya PSAS, diharapkan para peserta didik dapat memperoleh hasil yang memuaskan sesuai dengan upaya belajar yang telah dilakukan. MAN 2 Kulon Progo terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas dengan memanfaatkan teknologi terkini demi mencetak generasi yang unggul dalam era digital. (Giant)

Bagikan pada...
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

2 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Fathia
Fathia
17 hari yang lalu

Bismillah…

Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
17 hari yang lalu

Alhamdulillah, suksss

2
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x