Kamis, 8 Desember 2022

Manasik Haji MAN 2 Kulon Progo; Ini Isi Khotbah di Padang Arafah

Bantul (Humas MAN 2 Kulon Progo/Mandaku). “Hari ini adalah hari yang paling dirindukan diimpi-impikan oleh setiap muslim agar bisa menyempurnakan keislamannya. Hari ini adalah hari yang diidam-idamkan siang dan malam oleh orang-orang yang merindukan bisa bertemu dengan Allah. Allah berjanji, hari ini dosa-dosa diampuni dan doa-doa diijabah, insya Allah bagi haji mabrur tiada balasan dari Allah selain surga.” Inilah pembuka khotbah yang disampaikan Drs. Muh Nur Asngadi saat di Padang Arafah dalam manasik haji MAN 2 Kulon Progo, Rabu (26/10/2022). Ini kali pertama MAN 2 Kulon Progo menyelenggarakan manasik haji di Bumi Perkemahan Dewaruci Bantul. Manasik diikuti 227 siswa kelas X didampingi seluruh guru agama dan pembimbing akademik (wali kelas).

“Sungguh malu dan sangat malu jika kita merenungi kehormatan dan kemuliaan ibadah haji ini dengan kualitas diri kita yang sangat jauh dari kepantasan kualitas seorang hamba yang saleh. Wajib kita syukuri nikmat berkumpul di padang Arafah ini,” lanjut Asngadi.

Dengan penuh kesungguhan, ia menyampaikan khotbah dan mengingatkan bahwa hati tak ingin cepat mati namun ajal tak dapat ditolak. Asngadi mengajak seluruh jemaah haji (peserta manasik) untuk meresapi senandung seorang penyair yang berbunyi “Betapa nikmat manusia yang sempat tobat namun lebih nikmat apabila luput dari maksiat. Alangkah berat menghadapi musibah namun lebih pahit apabila pahala tidak didapat. Sungguh ajaib betapa waktu melenyap cepat tapi tidaklah lebih ajaib ada insan tak sadar saat  setiap yang akrab terasa dekat akan tetapi tidaklah maut lebih melekat.”

Selanjutnya di waktu yang hening serta sakral ini, ia menutup khotbahnya dengan mengajak bersyukur dan mengharap rahmat rida dan ampunan dari Allah SWT.  “Semoga kita kembali ke tanah air dalam keadaan bersih dan suci bagaikan anak yang baru lahir mendapatkan haji mabrur, Aamiin.” Tutupnya. (ast)

Bagikan pada...

Lihat juga

Aning; Kepala MAN 2 Kulon Progo Hibah Buku Sastra di Kedai Ilmu

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo – Mandaku). Kini para guru, pegawai dan seluruh siswa MAN …

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

3 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Siti+Muslimah
Siti+Muslimah
1 bulan yang lalu

Mengingatkan siapa diri kita … dan yang paling dekat dengan kita

Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
1 bulan yang lalu

Anda harus login untuk like tautan ini..tdk spt biasanya ya

Zuli Irawanto
Membalas ke  Imam Muttaqien, STP
1 bulan yang lalu

Sudah diperbaiki pak Imam, terimakasih

3
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x