Kamis, 2 Mei 2024

Kepala MAN 2 Kulon Progo Berikan Pembekalan Gelar Budaya P5 Siswa Kelas X

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo – MANDAKU). Sebagai madrasah yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka, MAN 2 Kulon Progo  berencana menggelar Gelar Budaya bertema ‘Bhineka Tunggal Ika’. Kegiatan ini dalam rangka memantapkan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Rahmatan lil ‘Alamin pada semester 2 Tahun Ajaran 2022/2023.  Para guru pengampu P5 pun mengadakan kegiatan berupa pemantapan, bimbingan dan pengarahan yang diikuti oleh semua peserta didik kelas X. Bertempat di Hall Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu di Unit 2 MAN 2 Kulon Progo, Jumat (24/2/2023). Hadir pula  Kepala MAN 2 Kulon Progo untuk memberi pengarahan dan motivasi.

Hartiningsih, M.Pd. memberikan pengarahan bahwa para siswa kelas X mendapatkan kesempatan yang istimewa karena menjadi peserta didik pertama yang mendapatkan mata pelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Rahmatan lil ‘Alamin. ‘Kalian mempunyai waktu khusus untuk mengenal dan memperdalam keberagaman suku, budaya, potensi bangsa Indonesia,” tegasnya.

Ia menandaskan bahwa setiap suku dan daerah mempunyai potensi dan keunggulan sendiri-sendiri. Dari sisi budaya, setiap suku dan daerah mempunyai kebudayaan yang luhur yang harus dikenali dan dipahami oleh setiap peserta didik. Perbedaan budaya tersebut tidak boleh menceraiberaikan Indonesia, tetapi menjadi alat pemersatu bangsa Indonesia. Kebudayaan yang luhur harus dijaga, dipupuk, dipelihara oleh para peserta didik, dan dijadikan jati diri bangsa yang membedakan dengan bangsa lain. “Dengan P5 ini hendaknya kalian harus menjunjung tinggi nilai-nilai, toleransi, menghargai sesama dan keragaman budaya, itulah jati diri. Bila budaya punah, tidak ada lagi nilai-nilai luhur. Bila budaya punah maka tak ada lagi nilai luhur, hilanglah jati diri yang membedakan dengan bangsa lain,” tutur Aning, panggilan akrab Hartiningsih.

Selanjutnya, Aning meminta para peserta didik untuk selalu bersemangat menyiapkan pagelaran ini. Para peserta didik harus bahu membahu menunjukkan karya yang terbaik sesuai dengan pembagian kerja kelompok masing-masing. “Tunjukkan bahwa kalian adalah tim yang solid, pelajar Pancasila dan rahmatan lil ‘alamin itu suka gotong royong, saling menolong, dan selalu bertanggung jawab.”

Menurut Koordinator Pengampu P5, Sukir, S.Pd., M.Pd.Kim., M.Sc. pembekalan ini diselenggarakan untuk untuk membekali para peserta didik menjadi pelajar menghargai dan menghormati keragaman budaya, potensi, keunggulan semua daerah yang ada di Indonesia. Ia mengungkapkan dengan saling menghargai dan menghormati keanekaragaman tersebut menjadi salah satu faktor kokohnya bangsa Indonesia.

Sukir juga menyampaikan bahwa Pagelaran Budaya akan diselenggarakan di Aula Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Unit 2 MAN 2 Kulon Progo, pada Kamis (9/3/2023) yang akan datang. Para siswa harus menyiapkan setidaknya tiga hal yaitu gelar seni budaya, gelar karya budaya, dan gelar seni budaya yang menampilkan keunggulan dan potensi daerah provinsi-provinsi se-Indonesia. (giant/ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

2 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Siti+Muslimah
Siti+Muslimah
1 tahun yang lalu

Semoga nanti gelar budaya P5_RLA 2 berjalan sukses

Abu Faiz
Abu Faiz
1 tahun yang lalu

Hebat madrasah anakku

2
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x