Kamis, 8 Desember 2022

Pameran Keterampilan MAN 2 Kulon Progo Semarakkan Roadshow Kesejarahan

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo – Mandaku). “Tidak menyangka bahwa madrasah ternyata tidak hanya mengajarkan pendidikan agama tetapi juga ada program keterampilannya. Saya sangat mengapresiasi terhadap karya produk siswa keterampilan MAN 2 Kulon Progo.” Demikian apresiasi yang diungkapkan Andriana Wulandari, anggota DPRD DIY yang turut hadir dalam Sarasehan Kesejarahan di aula Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo, Kamis (6/10/2022). Sebuah acara yang dikemas satu rangkaian dalam Roadshow Kesejarahan dengan penyelenggara Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY.

MAN 2 Kulon Progo adalah satu dari tiga Madrasah Aliyah di DIY yang dipilih untuk melaksanakan Roadshow Kesejarahan pada tahun 2022. Sebagai Madrasah Keterampilan, MAN 2 Kulon Progo tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Dengan memanfaatkan lobi aula, dibuatlah pameran mini yang meliputi lima program keterampilan yang ada. Tata Busana dengan aneka produknya seperti kain batik shibori, ecoprint, dompet, kain flannel sulam, dsb. Tata Boga dan APHP (Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian) dengan manjagourtnya, mandalato ice cream, dan aneka jajan pasar. TAV (Teknik Audio Video) mengeluarkan robotiknya dan DKV dengan hasil liputan yang ditayangkan di kanal Youtube https://www.youtube.com/c/MAN2KULONPROGOYOGYA melalui layar televisi yang cukup besar yang terpajang di ruangan tersebut.

Dengan ramah anak-anak yang bertugas menjaga pameran pun menawarkan dan memamerkan produk-produknya. Tak hanya itu, beberapa siswa APHP dan Tata Boga pun terlihat berkeliling menjajakan hasil olahannya baik makanan maupun minuman di mana ada titik kumpul siswa atau guru yang hari itu tersebar memberi support rangkaian acara Roadshow Kesejarahan di halaman upacara dan sekitarnya.

Hartiningsih, M.Pd., kepala MAN 2 Kulon Progo yang turut mendampingi Andriana melihat pameran, merasa bangga dengan anak-anak. “Pada saat melihat ecoprint beliau terkejut karena tidak menyangka hasil ecoprint sudah sebagus itu. Beliau juga sangat mengapresiasi adanya program keterampilan dimana hal ini sangat dibutuhkan oleh siswa. Diharapkan anak bisa memilliki jiwa entrepreneurship sehingga bisa mandiri dan dapat menciptakan lapangan kerja,” ungkap Hartiningsih. (ast)

Bagikan pada...

Lihat juga

Aning; Kepala MAN 2 Kulon Progo Hibah Buku Sastra di Kedai Ilmu

Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo – Mandaku). Kini para guru, pegawai dan seluruh siswa MAN …

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

3 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
1 bulan yang lalu

Keren, langsung praktik entrepreneur .👍👍👍

FARIDA RAHMAWATI
FARIDA RAHMAWATI
1 bulan yang lalu

Alhamdulillah…
Keterampilan MANDAKU keren… 👍👍

Esti+Winarni
Esti+Winarni
1 bulan yang lalu

Alhamdulillah program keterampilan dapat ikut memerihkan rangkaian acara .

3
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x