Jumat, 26 April 2024

Silaturahmi dan Mujahadah Wali Santri Boarding School MAN 2 Kulon Progo

Kulon Progo (MAN 2 KP – MANDAKU) . “Bila putra-putri Bapak dan Ibu masuk pondok, orang tua juga harus masuk pondok. Dalam pengertian, walaupun orang tua berada di rumah, orang tua juga beramal seperti santri, setidaknya mengerjakan salat lebih rajin dan mendoakan putra-putrinya sebagaimana para santri diajarkan untuk selalu mendoakan orang tua karena hal itu bisa menghubungkan kontak batin orang tua dan para santri.” Demikian pesan yang disampaikan Gus Hikam (panggilan akrab Muhammad Dzakiyyul Hikam,S.H., M.H.) saat memberikan tausiahnya dalam acara silaturahmi dan mujahadah yang diikuti oleh para santri, wali santri, pengelola dan pengasuh asrama Boarding School Miftahul Ulum (BSMU) MAN 2 Kulon Progo,   di Masjid An-Nur kompleks Unit 2, Ahad, (20/3/2022).

“Selamat kepada para wali santri yang telah mengizinkan putra-putrinya mondok di boarding school milik MAN 2 Kulon Progo. Orang tua mempunyai kunci kesuksesan putra-putrinya dalam memperoleh dan mengamalkan ilmu agama yakni bila bersungguh-sungguh mendukung secara lahir batin. Para pangasuh dan pengelola boarding agar bersungguh-sungguh membina, membimbing, dan melayani santri,” pinta Gus Hikam, putra Komite Madrasah, KH. Ahmad Su’adi, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Quran Wates ini.

Setelah mujahadah dan pengajian oleh Gus Hikam, dilanjutkan laporan oleh pengelola boarding school, Dra. Siti Muslimah, M.Pd..  Ia memaparkan prestasi dan program-program madrasah dan banyak dari prestasi itu juga datang dari para santri boarding. “Madrasah kini seperti bunga yang sedang mekar atau buah ranum dengan banyaknya prestasi yang dipetik.  Terus berjuang untuk berkembang agar mekar sempurna dan semoga akan tetap terus berkembang,”tutur Siti Muslimah.

Selanjutnya, digelar usulan dan saran baik secara tertulis maupun langsung yang disampaikan oleh para wali santri untuk ditindaklanjuti madrasah. Jarot, salah seorang wali santri menyambut acara silaturahmi dengan gembira. Melalui pertemuan ini jadi bisa tahu kondisi anak, dapat meningkatkan komunikasi wali, dan permasalahan yang dihadapi para santri diharapkan dapat segera terselesaikan. “Kami semua dapat menyampaikan saran-saran secara terbuka dan kami mengucapkan terima kasih serta berbangga atas prestasi para santri dalam berbagai kompetisi. Hasil di MTQ Kabupaten Kulon Progo tahun 2022 ini sangat membanggakan kami semua. Kami juga sangat mengapresiasi komitmen madrasah dan boarding school atas  pembinaan dan bimbingannya,”ungkapnya. Acara juga dihangatkan oleh penampilan hadroh MAN 2 Kulon Progo.

Di tempat terpisah, kepala madrasah, Hartiningsih, S.Pd., M.Pd. yang saat itu berhalangan hadir juga memberikan sambutannya.“Selamat datang dan terima kasih kepada Gus Hikam, pengelola boarding School, dan para wali santri. Acara yang rutin dilaksanakan setiap tiga bulan sekali ini ini sebagai wahana silaturahmi untuk mempererat hubungan antara walisantri dan madrasah. Madrasah selalu berusaha memperbaiki pelayanan dan pendampingan kepada para santri. Wali santri diharapkan memberikan tanggapan-tanggapan demi perbaikan sistem pengelolaan boarding madrasah ini. Kepada Gus Hikam, agar bersedia memberikan kajian rutin untuk setiap menyelenggaraan silaturahmi. Kepada BSMU, untuk dapat meningkatkan kerjasama yang sudah terjalin dengan baik.”(mus/giant/ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Beritahu tentang
guest

3 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Sugiyanta
Sugiyanta
2 tahun yang lalu

Bravo

Esti Winarni
Esti Winarni
2 tahun yang lalu

Alhamdulillah. 👍👍👍

Imam Muttaqien, STP
Imam Muttaqien, STP
2 tahun yang lalu

Alhamdulillah..👍👍👍

3
0
Silakan berkomentar, kami akan sangat menyukai pemikiran Anda...x
()
x