Kulon Progo (Humas MAN 2 Kulon Progo) – Sebanyak 240 siswa baru MAN 2 Kulon Progo siap mengikuti kegiatan Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama) Tahun 2025. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Dwi Rina Yuniati, S.Si., dalam laporan kegiatan PraMatsama yang diselenggarakan pada Jumat, 11 Juli 2025, di Aula Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu (GPPT) Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo.
Dalam laporannya, Dwi Rina menjelaskan bahwa Matsama merupakan kegiatan awal yang sangat penting untuk mengenalkan lingkungan madrasah kepada para peserta didik baru. Ia menegaskan bahwa Matsama bukan sekadar kegiatan seremonial, melainkan momentum untuk membangun karakter dan semangat belajar sejak hari pertama di madrasah.
“Matsama bertujuan untuk mengenalkan visi, misi, tata tertib, budaya madrasah, serta membentuk sikap disiplin, tanggung jawab, dan cinta terhadap madrasah sejak awal. Ini adalah langkah awal pembentukan karakter siswa yang berintegritas dan berakhlak mulia,” terang Dwi Rina dalam penyampaian materinya.
Kegiatan PraMatsama ini diikuti oleh seluruh siswa baru yang telah resmi diterima di MAN 2 Kulon Progo tahun ajaran 2025/2026. Selain penyampaian materi pengenalan madrasah, kegiatan juga diisi dengan pengarahan umum dan penjelasan teknis pelaksanaan Matsama yang akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan.
Ketua Panitia Matsama Tahun 2025, Astiti, S.Pd., menyampaikan materi berupa tujuan, manfaat, dan rundown acara Matsama. Ia juga menegaskan, bahwa seluruh panitia telah siap menyelenggarakan Matsama dengan suasana edukatif, menyenangkan, dan tetap memperhatikan nilai-nilai moderasi beragama serta kedisiplinan.
“Kami berkomitmen menyelenggarakan Matsama secara edukatif dan ramah, tidak ada unsur perploncoan. Seluruh rangkaian kegiatan disusun untuk menumbuhkan rasa bangga menjadi bagian dari keluarga besar MAN 2 Kulon Progo,” ungkap Astiti.
Matsama MAN 2 Kulon Progo Tahun 2025 direncanakan akan dilaksanakan selama empat hari, Senin – Kamis, 14 – 17 Juli 2025, dengan berbagai kegiatan seperti pengenalan program madrasah, keterampilan, organisasi, dan nilai-nilai kebangsaan yang menjadi dasar pembentukan karakter peserta didik madrasah. (gia)