Jumat, 19 April 2024
Berita Terbaru

MAN 2 Kulon Progo Dukung Penuh Putra Putri Terbaiknya di KSM 2021

Kulon Progo (MAN 2 KP) – Enam siswa MAN 2 Kulon Progo mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Online Tahun 2021 Tingkat Kabupaten, Sabtu (21/8). KSM akan berlangsung selama tiga hari hingga Senin (23/8). Sabtu untuk jenjang Madrasah Aliyah (MA), Ahad untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Senin untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI). Dari  enam bidang mata pelajaran yang dilombakan di tingkat MA, MAN 2 Kulon Progo mengikutsertakan putra putri terbaiknya. Enam siswa tersebut masing-masing mewakili bidang Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi.

KSM di MAN 2 Kulon Progo ini mendapat monitoring langsung dari Kanwil Kemenag DIY dan Kakan Kemenag Kabupaten Kulon Progo Drs. H. Wahib Jamil, S.Ag., M.Pd.. Sebelumnya, mantan Kasubag TU Kanwil Kemenag DIY ini berpesan saat pembukaan KSM melalui Zoom Meeting agar siswa berprestasi tanpa menghilangkan esensi kejujuran. “Niatkan mengikuti kompetisi tidak hanya ingin mendapatkan kejuaraan saja. Tetapi harus niat dapat hidayah dan hadiah. Mudah-mudahan KSM berjalan lancar, menghasilkan peserta  yang nantinya bisa mengikuti ke tingkat provinsi bahkan sampai nasional,” harapnya.

Turut hadir di sesi kedua, Pengawas Madrasah Aliyah, Hj. Kalimah,S.Ag., M.A., memonitoring dan memotivasi keenam peserta KSM dari MAN 2 Kulon Progo. “Semua peserta KSM untung jenjang MA ada 24 siswa. Tetap semangat, lakukan yang terbaik, kerjakan soal dengan tenang, selesaikan yang mudah dulu baru ke soal yang sulit. Kami semua mendoakan dari MAN 2 Kulon Progo ada yang bisa lanjut ke tahap provinsi bahkan nasional nanti. Prestasi penting, jujur pasti,” pinta Kalimah.

Sementara itu  Kepala MAN 2 Kulon Progo yang sejak pagi mengawal seluruh persiapan hingga usai pelaksanaan KSM menyampaikan dukungan madrasah terhadap kegiatan ini, “Madrasah menyusun program sukses KSM yang dikoordinasi Waka Kesiswaan. Pendampingan masing-masing siswa dilakukan oleh guru mapel sesuai bidang yang dilombakan,” ungkap Hartiningsih, M.Pd., “Dukungan luar biasa juga diberikan oleh Bapak Ibu Guru Pegawai dalam doa bersama demi kelancaran pelaksanaan KSM, bersamaan dengan agenda PAKIS (Sapa Kamis) MANDAKU (MAN 2 Kulon Progo).,” imbuhnya.

Tak hanya itu, di MAN 2 Kulon Progo, 30 menit sebelum pelaksanaan, peserta KSM sudah diminta hadir di ruang transit untuk istirahat, sarapan, lalu berdoa dan pendampingan dengan guru pembimbing. Pada masa pandemi seperti ini, awal pembimbingan pun dilakukan baik secara online maupun offline. Satu bulan mendekati lomba, pembimbingan dilakukan secara intensif offline di madrasah. ” Semoga siswa MAN 2 Kulon Progo bisa mendapat hasil yang maksimal dan bisa lolos hingga di tingkat nasional,” pungkas Hartiningsih.

Salah satu peserta mapel Matematika, Anindhita Damayanti, menyatakan sangat bersyukur bisa mewakili madrasah untuk mengikuti KSM tingkat kabupaten. “Suatu kebanggaan bagi saya bisa mengikuti kompetisi ini, Meski soal-soal cukup menantang, semoga mendapatkan hasil yang terbaik dan dapat menjadi bekal untuk melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi,” ungkap siswa kelas XII MIPA 1.

“Pelaksanaan KSM sendiri dibagi menjadi tiga sesi dalam satu hari dan Alhamdulillah berjalan dengan lancar,” proktor KSM MANDAKU, Panzi Ahmad Gozali, S.Pd., menyampaikan hal tersebut usai pelaksanaan KSM yang bertempat di Laboratorium Komputer Unit 1 MAN 2 Kulon Progo. (lis/ast)

Bagikan pada...
0 0 votes
Article Rating
9 Comments
Terbaru
Terlama Suara Terbanyak
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Drs. Amir Ma'ruf, MA.
2 tahun yang lalu

Sukses dan berprestasi..

Sugiyanta
Sugiyanta
2 tahun yang lalu

Semoga lancar, dimudahkan dan mendapatkan hasil terbaik

Esti Winarni
Esti Winarni
2 tahun yang lalu

Bissmillah , insyalloh lancar dan sukses perjuangan ananda mendapat hasil yang terbsik.

Imam Muttaqien
Imam Muttaqien
2 tahun yang lalu

Insya Alloh lolos dan mendapat hasil Terbaik. Aamiin.

zainal.gce@madrasah.id
2 tahun yang lalu

Ini kompetisi tingkat Kabupaten, insya Allah lancar spt lewat jalan tol. Tingkat Nasional saja oks. MAN 2 KP kok dilawan. yang lain.., MINGGIR dulu..!!! 😁

Siti Muslimah
Siti Muslimah
Membalas ke  zainal.gce@madrasah.id
2 tahun yang lalu

Aamiin ya Allah…
Semoga anak anak tim KSM MANDAKU sukses, lancar dan dimudahkan hingga tahap nasional

Sugiyanto
Sugiyanto
Membalas ke  zainal.gce@madrasah.id
2 tahun yang lalu

Alhamdulillah, semoga sukses meraih hasil yang terbaik… aamiin yaa Robbal’aalamiin

Zuli Irawanto
Zuli Irawanto
Membalas ke  zainal.gce@madrasah.id
2 tahun yang lalu

Aamiin ya robbal’alamiin. Insya Allah menuju Nasional.

FARIDA RAHMAWATI
FARIDA RAHMAWATI
2 tahun yang lalu

Bismillah…
Bersama saling kuatkan doa, smg kontingen KSM MANDAKU diberikan hasil yg terbaik dan bisa lolos ke tahap selanjutnya. Aamiin…